Sabtu, 15 Desember 2012

My Experience in Business Negotiation Class

PENJUAL
Resistance Point: 70 juta
Target Point: 90 juta
Initial Offering: 100 juta
Settlement Point: 80 juta

Sebagai penjual mobil Peugeot 206, saya menawarkan mobil keluaran tahun 2001 itu sebesar 100 juta nego kepada salah seorang pembeli. Pembeli tersebut bertanya mengenai spesifikasi mobil saya kemudian saya jelaskan mulai dari tahun pembuatan, kepemilikan, warna cat, interior, serta perawatan yang saya lakukan. Pembeli langsung berkomentar bahwa harga 100 juta untuk mobil keluaran tahun 2001 itu terlalu mahal. Saya memberikan alasan bahwa harga untuk mobil eropa memang lebih tinggi dibandingkan mobil buatan Jepang atau Korea lainnya yang bisa didapatkan dengan harga kurang dari 100 juta. Desain dari mobil eropa sendiri juga termasuk classic dibandingkan dengan mobil lainnya. Pembeli mengatakan bahwa harga yang layak adalah 65 juta. Melihat range tawaran yang besar, saya menurunkan harga hingga 90 juta tetap dengan alasan bahwa harga tersebut tidak bisa dibandingkan dengan mobil buatan Asia. Ia pun menaikkan tawaran menjadi 70 juta. Saya berkata masih belum bisa, kemudian saya melakukan penawaran lagi dengan harga tetap tetapi menyediakan jasa check kondisi mobil pada bengkel langganan saya. Ia menyetujui tetapi tetap meminta untuk menurunkan harga. Karna 90 juta adalah target poin saya, saya berusaha mempertahankan harga dengan mengajak melihat interior mobil yang rutin saya rawat. Ia berusaha menurunkan harga dengan membandingkan harga dengan penjual lain, tetapi saya menanggapinya dengan “Dicek dulu lho mbak, jangan jangan harga segitu sparepartnya gak asli karna cari sparepart disini emang susah. Kalo mobilku ini dari awal sparepart asli, ini aku telpon ya bengkel langgananku buat ngecek sparepart biar mbak percaya.” Dari hal ini kami menemui deadlock, dengan beberapa kali menurunkan harga jual dan menaikkan harga beli akhirnya didapatlah harga tengah 80 juta sebagai settlement point jual beli mobil kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar