Minggu, 20 Januari 2013

ANALISIS SWOT - Mina Sentosa Fish Farm

tugas mata kuliah perencanaan bisnis semester lima


Kekuatan:

  1. Ditunjang dengan modal yang cukup memadahi. 
  2. Menjual bermacam-macam ukuran benih.
  3. Mempunyai pengalaman budidaya ikan lele dan mampu memahami dan menguasai dari pembuatan kolam,pemilihan bibit yang baik,PH air yang ideal untuk pertumbuhan ikan,hingga pemanenan serta pemasarannya. 
  4. Mempunyai lahan ataupun kolam yang cukup memadahi.Dari kolam untuk pembibitannya sampai kolam pembesaran.
  5. Mempunyai sarana dan prasarana penunjang pembudidayaan ikan lele yang cukup memadahi. 
  6. Luasnya pemasaran hasil budibaya ikan lele khususnya yang nantinya pada saat musim panen ikan lele.

Kelemahan:
  1. Tidak hanya berfokus pada budidaya lele. 
  2. Terlalu berfokus pada pasar international. 
  3. Seringnya bibit ataupun air yang terserang bakteri yang nantinya dapat mempengaruhi kelangsungan hidup benih ikan yang ada.Jadi tidak diragukan lagi apabila terdapat bibit ikan lele yang tidak baik (cacat). 

Peluang:
Budidaya ikan lele cukup mudah dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Pasalnya budidaya ikan lele ini terbilang cukup mudah dari pada ikan yang lain, dari perawatannya sampai sistem pengairannya pun tidak terlalu merepotkan. Kebutuhan masyarakat akan lele pun belum tercukupi sehingga membuka lebar peluang. Pada dasarnya ikan lele mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup yang cukup tinggi sekalipun hidup dilumpur, karna dari sekian banyak spesies ikan di dunia ini hanya ikan lele yang mempunyai gurat sisi. Sedangkan ditinjau dari pembesaran benih sampai waktu pemanenannya budidaya ikan ini hanya memerlukan waktu 3 bulan. 


Ancaman:

  1. Banyaknya pesaing yang menawarkan produk ikan lele. 
  2. Pesaing yang telah mendapatkan kepercayaan konsumen 
  3. Pada saat pergantian musim, kebanyakan benih ikan lele yang dibudidayakan akan sedikit terganggu kelangsungan hidupnya, karenanya musim yang tak menentu dan dapat berubah sewaktu-waktu, sedangkan pada saat musim panas banyak bibit lele yang baru berusia sekitar 3 minggu mati, karenanya pada dasarnya kulit ikan lele belum cukup kuat untuk menehan panas yang berlebihan.

2 komentar: