Minggu, 20 Januari 2013

Lele (Clarias sp.)

masih pada tugas perencanaan bisnis

Ikan lele merupakan salah satu hasil peternakan yang kaya akan gizi. Ikan lele (Clarias sp.) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di tempat-tempat kritis, seperti rawa, sungai, sawah, kolam ikan yang subur, kolam ikan yang keruh, dan tempat berlumpur yang kekurangan oksigen. 

Manfaat dari Ikan Lele 

Berikut merupakan beberapa manfaat dari ikan lele : 
  1. Sebagai bahan makanan. 
  2. Ikan lele yang dipelihara di sawah dapat bermanfaat untuk memberantas hama padi berupa serangga air, karena merupakan salah satu makanan alami ikan lele. 
  3. Ikan lele juga dapat diramu dengan berbagai bahan obat lain untuk mengobati penyakit asma, menstruasi (datang bulan) tidak teratur, hidung berdarah, kencingdarah dan lain-lain. 
  4. Keunggulan ikan lele dibandingkan dengan produk hewani lainnya adalah kaya akan Leusin dan Lisin. 
  5. Selain peranan yang menguntungkan ikan lele juga dapat memiliki peranan yangmerugikan bagi manusia. Peranan yang merugikan tersebut diantaranya: Padaikan lele yang masih muda patilnya mengandung racun, sedangkan pada ikan leleyang agak tua racunya agak berkurang. Ikan lele juga dapat memakan ikan-ikanlainya atau sebagai predator. 

Kandungan Gizi Ikan Lele 

Dilihat dari komposisi gizinya ikan lele juga kaya fosfor. Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi dari pada nilai fosfor pada telur yang hanya 100 mg. Keunggulan lain dari ikan lele dibandingkan dengan produk hewani lainnya adalah kaya akan Leusin dan Lisin. Leusin (C6H13NO2) merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Sedangkan Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormon, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Tidak kalah pentingnya, lisin bisa melindungi anak dari virus herpes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar