Sabtu, 23 Maret 2013

Panera Bread Company

tugas manajemen stratejik semester lima lalu. sebenernya tugas kelompok sih, siapa dapet bagian apa, terus digabung-gabungin deh...


Strategi Panera Bread adalah untuk membuat roti yang unggul dan tersebar luas untuk konsumen di seluruh AS. Visi adalah untuk menyediakan konsumen dengan pilihan fresh dough, artisan bakery yang kualitas tinggi, otentik, dan pelayanan yang cepat. Elemen-elemen kunci berikut terdiri dari strategi Panera Bread: 

a. Memanfaatkan potensi pasar dengan membuka Panera milik perusahaan dan waralaba. Manajemen berencana untuk memperluas jumlah lokasi Panera Bread sebesar 17% per tahun sampai 2010, dan untuk mencapai pertumbuhan EPS dari 25% per tahun. Penambahan pilihan waralaba telah terbukti menjadi kunci dalam memperoleh penetrasi pasar yang lebih besar. 

b. Menawarkan pilihan makanan yang bervariasi dan juga . Produk signature Panera Bread adalah roti segar yang dibuat dengan bahan terbatas dan tanpa pengawet Sisa dari persembahan menu Panera yang dibangun di atas keahlian ini roti. Kelompok menu yang fresh dipanggang, dibuat-to-order sandwich dan salad, sup, makanan ringan untuk pembuka, dan minuman kafe. 

c. Bersaing dengan sukses di lima subpasar dari industri makanan. Roti Panera memanfaatkan menu khas, desain signature kafe, suasana mengundang, sistem operasi, dan unit strategi lokasi untuk bersaing dengan sukses. Subpasar yang Panera bersaing dalam adalah: sarapan, makan siang, siang hari "chill out", tarif malam yang ringan untuk dibawa pulang atau makan, dan dibawa pulang roti. Tujuan Panera adalah untuk meningkatkan makan di waktu makan beberapa: sarapan, makan siang, siang hari "chill out", dan makan malam. 

d. Meningkatkan menu untuk menjadi merek yang diakui secara nasional dan menjadi operator restoran yang dominan di segmen roti-kafe khusus. Perangkat tambahan Menu berfokus pada menarik pelanggan selama jam makan malam dan kepentingan pelanggan. Panera menambahkan makanan pembuka ringan seperti crispani dalam rangka untuk meningkatkan daya tarik untuk pengunjung yang datang malam hari. 


Rekomendasi:
Rekomendasi berikut berisi peluang atau ancaman dalam industri, kekuatan atau kelemahan yang memungkinkan Panera untuk mengejar atau mempertahankan terhadap isu-isu kritis dan peralatan yang diperlukan untuk mengambil tindakan segera. Dan merekomendasikan bahwa Pnere Bread Company: 

1. Siklus industri restoran masih dalam tahap fase pertumbuhan. Pertumbuhan ini ditambah dengan Panera "kemampuan yang kuat di waralaba dengan menawarkan kesempatan yang signifikan untuk Panera untuk mengejar kesusksesannya. Untuk mencapai hal ini Panera harus terlebih dahulu menggunakan pemilihan lokasi saat ini dan proses analisis pasar untuk memilih lokasi ideal untuk kafe baru di pasar yang belum dimanfaatkan. Panera juga harus memanfaatkan proses ini untuk menilai logistik yang diperlukan untuk mendukung lokasi yang potensial. Selanjutnya, Panera perlu memanfaatkan, kriteria franchisee seleksi yang ketat untuk mengidentifikasi kandidat yang cocok, dan kemudian bekerja dengan waralaba yang dipilih dengan menggunakan program waralaba bantuan yang ada untuk mendidik dan melatih waralaba di Panera "merek yang unik, visi dan budaya. Panera juga harus menilai waralaba baru berdasarkan bidang sejarah keberhasilan. 

2. Untuk meningkatkan sales revenue, Panera’s bread harus lebih gencar melakukan proses pemasaran, selama ini Panera Bread bisa dibilang kurang dalam proses pemasaran produk mereka, daat dilihat bahwa pengeluaran perusahaan untuk advertising lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain dalam industri. Dengan melakukan proses pemasaran yang lebih gencar Panera Bread bisa mendapatkan brand recognizition dari para potensial konsumennya. Banyak cara yang bisa digunakan oleh Panera Bread untuk memasarkan produk-produk mereka antara lain dengan menggunakan media advertising seperti melalui TV, radio, brosur, dll, dan bisa juga dengan mengikuti eksebisi/pameran-pameran yang diselenggarakan oleh daerah setempat atau bisa juga dengan memberikan kupon/diskon/happy hour sehingga akan menarik pelanggan untuk berkunjung dan membeli produk Panera. Strategi yang lebih agresif dalam promosi sementara adalah memanfaatkan starategi word-of-mouth untuk meningkatkan pertama kali datangnya pelanggan. Panera dapat mengejar kesempatan dalam industri jika memperkuat strategi promosi saat ini untuk mempromosikan kesadaran. Ini membantu Panera mempromosikan kesadaran merek untuk menjadi pemimpin yang dominan dalam industri bakery-kafe. Untuk melakukan hal ini, perusahaan harus mulai memperluas ke pasar yang belum dimanfaatkan dan merambah kesegala segment di mana pelanggan tidak tahu cukup banyak tentang perusahaan tersebut. Perusahaan kemudian harus meningkatkan pelayanan tentang kafe baru sebelum membuka dengan menggunakan pemasaran gerilya. Implementasi selanjutnya adalah untuk mendistribusikan kupon potongan atau voucher dengan masa berakhirnya dua minggu, dan kupon tambahan yang dapat diberikan kepada teman. Sukses dapat diukur dengan mendata alur kedatangan pelanggan kafe secara spesifik dan menghitung volume penjualan dalam enam bulan pertama untuk sebuah kafe baru. 

3. Panera Bread menyediakan fasilitas drive-thru di beberapa lokasi Panera dan penjualan di lokasi-lokasi tersebut meningkat 20%. Oleh sebab itu untuk bisa meningkatkan sales revenue, Panera bisa menambah fasilitas drive-thru nya di lokasi-lokasi lain, terutama di kota-kota atau lokasi dimana banyak perkantoran/industri dimana orang-orang sangat sibuk dan mobilitas sangat tinggi sehingga mereka tidak memiliki waktu yang banyak untuk makan. 

4. Karena industri makanan adalah industri yang sangat peka pada perubahan maka Panera Bread harus selalu update dengan preferensi kesukaan dan minat pelanggan. Menu harus selalu diperbarui dan disesuaikan dengan kesukaan/trend yang disukai pelanggan. Selain itu karena meningkatnya kesadaran masyarakat AS akan healthy life style, hampir 71% orang dewasa mencoba untuk makan yang lebih sehat, Panera Bread juga harus memberikan pilihan produk yang mengakomodasi healthy life style, menggunakan bahan-bahan organik yang tidak mengandung bahan kimia, dan menggunakan bahan-bahan yang diproduksi secara lokal, namun juga mereka tetap harus memperhatikan rasa dan kualitas sehingga meskipun makanan itu sehat tapi makanan itu juga tetap enak, dengan demikian pasti pelanggan akan tetap datang. 

5. Menerapkan "Oven Fresh, To Go" program yang akan meningkatkan biaya beralih pelanggan dan loyalitas hadiah pembeli melalui diskon berdasarkan tingkat kedatangan kembali. Analisis kami menunjukkan bahwa industri restoran terancam beralih pada biaya rendah dan loyalitas pelanggan yang rendah. Analisis kami menunjukkan bahwa Panera memiliki kekuatan loyalitas pembeli. Panera pertama harus dimulai langkah satu bulan sebelum dimulainya layanan ini menggunakan promosi yang cukup kuat. Selanjutnya Panera harus mencetak menu yang menampilkan pilihan yang fresh. 

6. Mendistribusikannya pada titik penjualan. Adanya pelyanan untuk drive thru yang dapat memudahkan pelanggan yang terbatas dengan waktunya. Panera harus membeli atau menyewa tempat parkir 2 sampai 3 per lokasi di dekat pintu dengan papan penunjuk tempat untuk parkir Panera, terakhir harus menempatkan kartu pos pra-bayar dengan pertanyaan survei dalam kemasan untuk pergi dan tempat loyalitas pelanggan kartu punch dalam kemasan yang memberikan penghargaan kembalin kepada pelanggan yang setia. Panera harus mengecek diskon yang diberikan untuk pelanggan. Karena sifat progresif dari diskon, Panera dapat mengidentifikasi pelanggan yang paling setia didasarkan pada tingkat tingkat diskonto. 

7. Memperluas cakupan produk dan menawarkan layanan untuk memasukkan konsumen yang lebih luas dengan makanan pembuka di pagi hari, tarif makan malam. Analisis kami dari industri restoran mendorong kami untuk menentukan bahwa ada sejumlah besar pembeli tersedia bagi perusahaan memberikan kesempatan bagi pangsa pasar meningkat. Analisis kami dari kemampuan kompetitif menunjukkan bahwa Panera memiliki kekuatan internal dalam penelitian dan pengembangan. Panera perlu memanfaatkan penelitian dan pengembangan keterampilan untuk menentukan persembahan menu yang ideal, porsi, harga, dan lokasi yang cocok untuk bir dan anggur. Persembahan produk baru akan diperkenalkan kepada sejumlah toko untuk menentukan respon pelanggan dan memverifikasi skalabilitas untuk memastikan kualitas. Langkah implementasi akhir akan menjadi pertanyaan survei pasar pada sistem point-of-sales yang akan menentukan jumlah pelanggan baru untuk makan malam. Tujuan utama dari rekomendasi ini adalah untuk meningkatkan pangsa pasar untuk Panera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar